12 Usulan Pada Musrenbangdes Pal Sembilan Tahun 2021

0
38

SUNGAI KAKAP. MusrembangDes Desa Pal 9 Tahun Anggaran 2021 yang berlansung di Kf Jalan Raya Sungai Kakap Desa Pal 9 Pada Hari Kamis(30/1)

Hadir dalam Musrembang Desa Pal 9 Rusdety.SH. Camat Sungai Kakap, Babinsa Desa Pal 9, Bhabinkantibmas Pal 9, Kades dan Perangkat Desa Pal 9, Muspika Kecamatan Sungai Kakap, para Kepala Dusun, Rt, RW, unsur kecamatan sebagai fasilitator, Ketua BPD, LPM serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutan Kepala Desa pal 9 Marhasan menyampaikan jumlah penduduk Desa pal 9 saat ini berjumlah 32.991 Jiwa, 8.953 Kepala Keluarga, terdiri dari 121 Rt, Sebanyak 18 RW dan 5 Dusun.

“Sedangkan untuk Pembangunan di wilayah Desa Pal 9 dari tahun 2012 hingga saat ini Baik itu dari Anggaran Dana DD dan ADD maupun Anggaran dari APBD KKR dan juga dari Aspirasi Anggota DPRD KKR dan Provinsi Kalbar Alhamdulillah Cukup besar.”Tuturnya.

Di jelaskannya saat ini hampir tidak ada lagi jalan Tanah di Desa Pal 9 namun masih ada tinggal beberapa titik yang merupakan jalan tanah.

“maka melaui Musrembangdes hari ini yang kami usulkan itu memang sudah di tetapkan dari kecamatan yang mana maksimal tiga usulan di masing masing bidang yang di anggap Prioritas. Sedangkan untuk usulan semuanya berjumlah 12 Usulan dari dua belas usulan kurang lebih Dua puluh Miliar Untuk Usulan Anggaran Tahun 2021.” Jelasnya.

Diantaranya Pembangunan jalan Printis menuju parit serong, Peningkatan dan Pelebaran Jalan sensit jalan Kalimas. Penerangan lampu jalan sepanjang jalan raya sungai kakap di Desa Pal 9 dikarenakan sering terjadi krimal dan kecelakaan.

Sedangkan di bidang pendidikan pengadanaan Gedung sekolah SD, SMP, SMA Terpadu

Selanjutnya di bidang Ekonomi untuk meningkat kan Perekonomian masyarakat bantuan budidaya sapi sasaran ke kelompok ternak yang ada di pal 9 dan bantuan sarana produksi pertanian dan perkebunan.

Untuk Bidang sosial dan Budaya dan kesenian Kami usilakan bantuan pembinaan marawis yang ada di Desa pal 9

Pembangunan sarana dan prasarana Kebudayaan untuk menggali pontensi, Bantuan sarana dan prasana Olah raga lapangan bola

Disinggung terkait Dunia pendidikan seberapa pentingnya di Desa pal 9, Marhasan kepala Desa Pal Mengatakan memang itu yang merupakan usulan yang di tunggu tunggu warga desa pal 9 mengingat Jumlah penduduk yang jumlahnya sudah mencapai 32.991Jiwa.

“Sementara sarana Bangunan untuk Gedung Sekolah SMP memang sangat terbatas apalagi saat ini adanya sistem Zonsi sehingga ini yang perlu di perhatikan oleh pemerintah baik itu pemerintah daerah.Provensi maupun Pemerintah Pusat.”Harapnya.

Sementara Camat Sungai Kakap Rusdety.SH. dalam sambutannya mengatakan betapa pentingnya Pendidikan, Kesehatan, untuk anak anak kita untuk itu saya ingatkan kepada Warga Desa pal 9, “Jangan sampai ada anak-anak di daerah ini yang putus sekolah Karena pemerintah sudah menggratiskan sekolah.”Ucapnya.

Begitu juga Kesehatan jangan sampai ada warga yang sakit tidak di bawa kedinas kesehatan terdekat. Gunakan BPJS jika belum mempunyai BPJS untuk sementara bisa menggunakan KTP Yang di keluarkan Oleh Pemerintah Kabupaten Kubu raya.”Tegasnya.(Dd/Is)

Sumber: Media Kalbar