Musrenbang Desa Tanjung Saleh Tampung Aspirasi Warga

0
23

SUNGAI KAKAP. Pemerintahan Desa (Pemdes)Desa tanjung Saleh Kecamatan Sungai Kakap menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang)Desa melalui Musyawarah Desa(Musdes)tahun 2020,bertempat di aula Gedung guna Gou song seng Desa Tanjung Saleh dengan tema menuju desa bermartabat.Jum’at(31/1).Siang

Pantauan media ini,hadir Wakil Ketua DPRD.Kabupaten Kubu Raya Ir.Usman,Camat Sungai Kakap Rusdety.SH

Babinkantibmas.Karang taruna, LPM,Kelompok tani, BKMT,lembaga pendidikan,RT,RW.Dusun.Serta Ratusan warga Desa Tanjung Saleh Yang hadir.

KadesTanjung Saleh,Sy.Muksin.Al.Hiduan menyampaikan,kegiatan Musrenbangdes ini dilakukan guna untuk menampung aspirasi serta usulan-usulan dari warga untuk pelaksanaan pembangunan.Baik itu infrastruktur,sosial,budaya,pendidikan dan ekonomi khususnya di wilayah Desa Tanjung Saleh.

“Musrenbangdes Tanjung Saleh tahun 2020-untuk rencana kegiatan tahun 2020.Harapanya dengan musrenbang ini,selain menyerap usulan-usulan juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa dan pro akti membayar PBB Untuk meningkatkan Pembangunan Desa Tanjung Saleh,” katanya.

Menurut Sy.Muksin,Al.Hiduan musrenbang merupakan sebuah perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu kepada perencanaan pembangunan kabupaten.

Dokumen rencana pembangunan merupakan rencana satu satunya dokumen perencanaan di desa dan sebagai dasar penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa( APBDes).

Ia menambahkan bahwa hasil musrenbang ini akan dibawa ketingkat kecamatan.Hasil dari musrenbang tahun ini harus dijadikan dasar pembuatan APBDes tahun 2020,sehingga program kegiatan pembangunan untuk tahun 2021 telah ada peruntukan kegiatannya.

Tujuannya untuk pembagunan yang tepat sasaran,seperti jalan,sekolah,sarana olah raga dan lainnya dirasa perlu diperhatikan.Selain APBDes ada lagi kegiatan kami laksanakan yaitu menyusun RKPDes 2021 nanti.Itu diambil dari hasil Musrenbangdes tersebut.Jelasnya

Dia juga menambahkan bahwa ada beberapa usulan sudah di kemas dalam musrembang Des pada hari ini yang sangat Prioritas yaitu.
Pertama Peningkatan jalan poros,di tiga dudun yang memang ini merupakan akses masyarakat di bidak pertanian.dan juga untuk memudahkan akses masyarakat ke Pemerintah desa apa bila mau berurusan.

yang kedua untuk peningkatan kapasitas Sekolah sekolah kapasitas bangunan seperti penambahan ruang Kelas.pembangunan rumah dinas kepala sekolah dan Guru.

Perlujuga di usulkan melalui musrembang ini.selanjutnya di bidang sodial budaya juga ingin kita tingkatkan mengangkat tentang sejarah dari Desa tanjung saleh ini terbentuk maka dengan adanya pemeliharaan makam bersejarah.

kita mengajukan pagar makam bersejarah untuk dinjadikan Objek wisata relegius di Desa Tanjung saleh ini.

yang telah lama di impikan warga Desa Tanjung Saleh dan yang mana kita ketahui Desa Tanjung Saleh merupakan desa pesisir dalam keseharian warga dan anak-anak sekolah untuk melakukan Aktifitas setiap hari menggunakan transportasi air.dengan resiko yang sangat rawan kami berharap dengan kehadiran Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya dapil Kecamatan Sungai Kakap.Ir.Usman di tengah tengah Masyarat dapat menggiring Aspirasi Masyarakat Desa Tanjung Saleh Untuk dapat terealisai Untuk anggaran tahun 2021:Pintanya

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya.Ir
.Usman dapil Kecamatan Sungai Kakap Kepada Wartawan Media ini Mengatakan.Ya ini memang forumnya para warga desa,melalu forum musrembang desa ini untuk menyampaikan program-program apa yang ingin di buat selama satu tahun anggaran ini kemudian di rumuskan dalam bentuk musrembang dalam hasil musrembang ini di bawa Ke musrembang Tingkat kecamatan,kemudian di bawa ke kabupaten,kemudian dibahas di badan anggaran,

Lebih lanjut ia mengatakan dan ini kesempatan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya,baik itu kepada kepala desa,pak camat,dan kepada anggota dewan itu sendiri,seperti kami datang hari ini untuk menyerap aspirasi masyarakat,kita akan memperjuangkan setiap desa yang mengajukan musrembang,kita perjuangkan kemudian semampu mungkin berapa besar yang bisa di serap dalam bentuk pembangunan melalu panitia anggaran ucapnya(Ismail).

Sumber: newsmediapublikasi.com