Sosialisasi program Desa ODF oleh Puskesmas Punggur

0
34

SUNGAI KAKAP – Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Untuk mencegah prilaku tersebut Puskesmas Punggur bekerjasama dengan mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Pontianak Jurusan KesehatanMasyarakat yang sedang melakukan Praktek di Desa Punggur Besar melaksanakan sosialisasi untuk mendukung kegiatan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Kegiatan ini adalah bagian dari Lokakarya Mini bidang Kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Punggur di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Rabu (26/02/2020).

ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak buang Air besar sembarangan.