Kecamatan Sungai Kakap Sosialisasikan Aplikasi PRODESKEL

0
120

SUNGAI KAKAP – Operator yang ditunjuk oleh Kepala Desa sebagai petugas operator mengikuti pelatihan dan pengarahan terkait penggunaan Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Prodeskel PMD) Jum’at (28/02/20). Kegiatan berlangsung di Aula Rapat Camat Sungai Kakap lantai II.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh pihak Kecamatan Sungai Kakap Seksi Pemerintahan. Petugas operator Desa dibimbing juga oleh operator di Kecamatan Sungai Kakap yaitu A. Rahim, SAP sebagai penanggung jawab Penggunaan sistem informasi (aplikasi) berbasis Web (Online) dimana pedoman penyusunan dan pendayagunaan datanya berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 (Permendagri 12/2007).

Permendagri tersebut merupakan amanat UU 32/2004 tentang pemerintahan daerah dan UU 26/2007 tentang Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) yang diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional di bidang Profil Desa dan Kelurahan.

Kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber Ibu Miranda Delani, staff Bidang PMD dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.

Prodeskel PMD adalah sistem informasi yang pengelolaannya oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri. Visi yang hendak dicapai oleh Prodeskel PMD adalah menjadi penyelenggara PUSAT DATA DESA dan KELURAHAN di INDONESIA yang TERINTEGRASI dan BERKELANJUTAN. Pengguna Prodeskel PMD yang diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional sehingga dimasa kini dan yang akan datang sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan.

Peserta berharap agar Pemerintah dapat memperhatikan kesejahteraan para petugas atau Operator Prodeskel yang merupakan ujung tombak perencanaan program pemerintah di Desa. (thr)