Pelatihan pembuatan Bakol oleh Sayang Kubu Raya

0
28

SUNGAI KAKAP – Daun nipah yang telah tua banyak dimanfaatkan secara tradisional untuk membuat atap rumah yang daya tahannya mencapai 3-5 tahun. Daun nipah yang masih muda mirip janur kelapa, dapat dianyam untuk membuat dinding rumah yang disebut kajang. Daun nipah juga dapat dianyam untuk membuat tikar, tas, topi dan aneka keranjang  anyaman.

Merealisasikan program yang memanfaatkan bahan utama dari pohon Nipah, Sayang Kubu Raya menggelar pelatihan pembuatan Bakul di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap, Minggu (01/03/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan yang didampingi oleh Camat Sungai Kakap, Rusdety, SH dan undangan serta peserta yang mayoritas adalah ibu rumah tangga.

Kegiatan tersebut disambut sangat antusias sekali oleh peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Bahan baku pembuatan bakul berasal dari daun Nipah yang masih muda yang disebut pucuk yang sudah dikeringkan yang akan digunakan untuk membuat bakul.