Apresiasi Langkah Sigap Tim Medis Cegah Covid-19 Masa KLB, Bupati Muda akan Berikan Insentif Kinerja

0
14

KBRN, Kubu Raya: Penularan virus Corona (Covid 19) semakin mengkhawatirkan sejumlah pihak. Tentunya kondisi diperlukan langkah cepat dari tenaga medis untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Kondisi ini juga membuat Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) akan memberikan insentif kinerja khusus kepada tim medis yang bekerja dalam kondisi darurat untuk penanganan Covid 19 di daerah itu.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, pihaknya akan merevisi Peraturan Bupati (Perbup) Tunjangan Kinerja untuk memasukan insentif kinerja khusus bagi tim medis yang bekerja dalam kondisi darurat seperti penanganan Covid-19 di kabupaten itu.

“Selaku bupati saya sangat hargai dedikasi dan komitmen pelayanan yang beresiko dari tenaga medis kita, dalam menyikapi langkah-langkah nyata pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kubu Raya. Maka mulai tadi siang kami sedang bahas revisi Perbup tunjangan kinerja untuk masukkan insentif kinerja khusus untuk tim medis dalam kondisi masa Kejadian Luar Biasa (KLB) dan darurat seperti kasus hadapi Covid-19 saat ini,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH di kediamannya Jalan Tanjungsari Nomor 169 Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak, Rabu (18/3/2020).

Sebagai Kepala Daerah, tentu dirinya memberikan apresiasi dan bangga yang luar biasa dengan dedikasi dan perjuangan para tenaga medis Dinas Kesehatan Kubu Raya yang tergabung dalam Tim Surveillance terkait dengan pemeriksaan deteksi awal penanganan Covid 19.

“Petugas medis kita mendatangi rumah warga berdasarkan laporan ada yang baru kembali dari luar negri baik dari Jepang, Malaysia, Singapura , baik di kecamatan Sungai Ambawang, Sungai Kakap dan Kecamatan Sungai Raya dalam 3 hari ini. Kondisi inipun langsung ditanggapi dengan gerak cepat dan merespon informasi dari warga, RT dan kades yang dibantu dari tenaga medis di masing-masing puskesmas,” tuturnya.

Menurut Bupati Muda, tenaga medis ini lah yang berada di garis depan yang tidak mungkin menolak dan benar-benar jadi pejuang karena meski dengan resiko yang tinggi namun tetap tegar sabar dan ikhlas melayani dan menjalani profesi nya tanpa banyak tuntutan dan pamrih.

“Semoga tim medis dinkes di seluruh puskesmas diberikan kekuatan dan lindungan dari Allah SWT untuk tetap terus berikhtiar dalam mendedi kasihkan tenaga dan fikirannya untuk kemanusiaan yang sangat mulai ini. Amin,” harapnya.

Seperti diketahui, mulai tahun 2020 ini, Pemkab Kubu Raya mulai membuat kebijakan angaran untuk memberikan Tunjangan Kinerja (Tukin) kepada para PNS di Kabupaten ke 12 di Kalbar itu.

Dengan Tunjangan Kinerja tersebut, Bupati mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memperkuat rasa memiliki terhadap Kubu Raya. Caranya dengan berusaha memahami pikiran dan perasaan rakyat. Karena itu, dia mengingatkan agar seluruh program dan kegiatan selalu mendarat pada kebutuhan setiap rumah tangga.

“Kita harus bisa berpikir dan melakukan yang bukan hanya rutinitas. Karena energi yang kita miliki sebetulnya luar biasa. Kita tidak hanya kerja untuk kerja, tapi kerja untuk bisa membahagiakan orang banyak,” tegas Bupati Muda.

Orang nomor satu di Kubu Raya itu juga meminta ASN untuk membangun tim kerja yang baik di instansi masing-masing. Namun dengan tetap bersinergi dan inovatif. Sebab tanpa inovasi, tidak akan ada percepatan-percepatan.

“Dengan kondisi berbagai tantangan saat ini, maka di sinilah kita justru harus lebih melipatgandakan energi. Sama-sama meningkatkan kinerja dan itu nanti diukur dengan kontrak kinerja yang tidak hanya normatif tapi mendetail pada program dan kegiatan per triwulan,” katanya.

Dirinya menegaskan, ASN harus fokus pada sasaran. Yakni berpikir yang langsung menyasar pada kebutuhan rakyat. Untuk itu, dirinya mengingatkan ASN agar selalu siap dengan perubahan zona. ASN diminta tidak mengeluh manakala kehilangan zona nyaman.

“Pengakuan bukan datangnya hanya dari atasan, tapi justru dari masyarakat. Meskipun kita bekerja di belakang meja, bukan berhadapan langsung dengan rakyat, tapi semua itu adalah sistem,” jelas pencetus slogan Dari Kubu Raya Untuk Indonesia.

sumber: http://m.rri.co.id/pontianak/post/berita/803358/kesehatan/apresiasi_langkah_sigap_tim_medis_cegah_covid19_masa_klb_bupati_muda_akan_berikan_insentif_kinerja.html