Puskesmas Punggur siaga penyebaran Covid-19 dengan Cuci tangan

0
35
Photo : Kepala Puskesmas Punggur, Sumediono,S.ST bersama Satpol PP Kabupaten Kubu Raya

SUNGAI KAKAP – Menyikapi Corona Virus Disease (Covid-19) UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Punggur Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya mulai menerapkan kesiapsiagaan pencegahan Covid-19.

Kepala Puskemas Punggur , Sumediono, S.ST mengatakan bahwa dari pagi menjelang siang ini banyak warga yang datang dan diberi kesiapsiagaan pencegahan virus corona. 

“Jadi setiap orang yang datang harus mencuci tangan terlebih dahulu termasuk karyawan dan kemudian di cek suhu badan, setelah melewati proses itu untuk pasien baru di persilahkan untuk mendaftar,”ujarnya kepada sungaikakap.kuburaya.go.id, Rabu siang (18/03/2020). 

warga mencuci tangan sebelum masuk untuk mendapat pelayanan kesehatan

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Puskesmas Punggur bersama Kepala Desa yang berada diwilayah kerja Puskesmas Punggur untuk membantu melaporkan jika ada indikasi warga/masyarakat yang mempuyai indikasi terpapar virus Corona.

Dikatakannya, kepada Kepala Desa yang berada diwilayah kerja Puskesmas Punggur yaitu, Desa Punggur Kecil, Punggur Besar dan Desa Punggur Kapuas untuk memberitahukan kepada RT dimasing-masing Desa apabila ada warga/Masyarakat yang datang dari Luar Negeri kedalam wilayahnya untuk segera melaporkan ke Puskesmas Punggur agar segera ditindaklanjuti.

Himbauan tersebut ditindak lanjuti melalui Surat Edaran dengan nomor 440/057/Pusk./2020 tanggal 18 Maret 2020

“silahkan laporkan, nanti petugas kami bersama Satpol PP akan turun kesana”. Pintanya.

Menurutnya, ini adalah untuk menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya No. 800/Dinkes-B, tanggal 16 Maret 2020,tentang pencegahan dan Meminimalisir Penyebaran Covid-19 diLingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya