Giatkan Patroli dan Sisir Pusat Keramaian, Cara Satpol PP Kubu Raya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

0
14

SUNGAI KAKAP – KBRN, Kubu Raya : Sebagai upaya menerapkan Physical Distancing di masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) terus lakukan patroli guna menyisir sejumlah tempat yang masih digunakan untuk berkumpul masyarakat di beberapa Desa dan Kecamatan di Kabupaten itu.

Kepala Satpol PP Kabupaten Kubu Raya Adriansyah mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, pihaknya terus melakukan patroli ke sejumlah titik dan memberi imbauan kepada warga untuk tidak berkumpul. Dalam patroli ini, pihaknya membagi tim regu dengan menyisir tempat yang masih digunakan untuk ajang berkumpul, seperti warung kopi dan cafe yang masih buka.

“Sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda), kami terus mensosialisasikan himbaun Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan terkait pencegahan dan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Yang mana pak Bupati sendiri telah menugaskan kepada kami untuk melakukan patroli di 5 Kecamatan diantaranya Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Kuala Mandor B dan Kecamatan Rasau Jaya”, ungkap Kasat Pol PP Kabupaten Kubu Raya Drs. H. Adriansyah melalui telfon, Sabtu (9/5/2020).

Adriansyah menambahkan, giat patroli ini sudah dilakukan pihaknya sejak tanggal 15 Maret 2020 dengan mememberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga jarak (physical distancing) guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya itu menuturkan, selama bulan suci Ramadhan ini, dirinya bersama puluhan anggota Pol PP di 5 Kecamatan juga melakukan patroli dan mendampingi petugas medis di masing-masing Kecamatan untuk memutus mata rantan penyebaran virus ini.

“Dengan keterbatasan personil, sejak memasuki bulan suci Ramadhan kami terpaksa menarik anggota kami yang ada di 3 Kecamatan untuk dibawa ke Kabupaten untuk membantu melakukan giat patroli. Kita bersama Kepolisian dan TNI melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap menerapkan physical distancing. Untuk penindakannya akan dilakukan pihak kepolisian. 

Adriansyah menegaskan, dengan semboyan Berlari Lebih Kencang, Berproses Lebih Cepat dan Bertindak Lebih Nyata pihaknya tidak bosan-bosannya menggiatkan patroli di malam hari dengan menyisir warga yang masih bandel keluar rumah dan bekumpul di warkop dan cafe yang ada disejumlah desa, seperti Desa Kapur, Desa Parit Baru, Desa Kuala Dua, Desa Sungai Raya Dalam dan Desa Sungai Kakap”, tuturnya.

Adriansyah menjelaskan, meski sejumlah pusat perbelanjaan di Kabupaten Kubu Raya sebagian telah menutup aktivitasnya, namun pihaknya tetap melakukan penyisiran dan membantu pihak Kecamatan dan Desa melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Giat patroli ini masih akan kami lakukan sampai tanggal 30 Mei mendatang dan kami juga akan membantu Polres Kubu Raya dan Kodim 1207/BS di Posko Lebaran dalam mengantisipasi tindak kejahatan dan cegah warga yang mudik dan pulang kampung”, paparnya.   

Terpisah, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi semangat yang tidak kenal lelah yang ditunjukan personil Satpol PP untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini.

“Dengan perlengkapan minim, Satpol PP menjadi bagian untuk mengudukasi kepada masyarakat dan mensosialisasikan dalam membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Saya sangat apresiasi seluruh anggota Satpol PP yang bertugas tiap malam yang tiada hentinya. Tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah karena harus memiliki kesabaran”, kata Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH. 

Bupati Muda juga mengapresiasi kepada TNI dan Polri yang telah melaksanakan kegiatan pencegahan tanpa henti-hentinya kepada masyarakat. 

“Peran Satpol PP, TNI dan Polri dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sangat luar biasa”, pujinya.

Sumber : https://m.rri.co.id/pontianak/sosial/834746/giatkan-patroli-dan-sisir-pusat-keramaian-cara-satpol-pp-kubu-raya-putus-mata-rantai-penyebaran-covid-19