Tingkatkan status desa menjadi Desa mandiri, Camat pimpin Rapat IDM

0
17
Camat Sungai Kakap Pimpin rapat IDM

SUNGAI KAKAP – Camat Sungai Kakap, Rusdety, SH mengadakan rapat koordinasi Indeks Desa Membangun (IDM) bersama tiga Kepala Desa dalam rangka meningkatkan status desa menjadi Desa mandiri yaitu, Kades Kalimas, Kades Sungai Itik dan Kades Sungai Kupah, Rabu (15/07/2020). Siang bertempat di ruang rapat Camat Sungai Kakap lantai II.

Mendampingi Camat, Nurmi Supriani, SH selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Sungai Kakap. Acara tersebut juga di hadiri oleh Pendamping Desa (PD) Kecamatan Sungai Kakap, Pendamping Lokal Desa (PLD).

Dalam arahannya, Rusdety, SH meminta kepada Kades untuk memenuhi syarat-syarat yang menjadi acuan dalam peningkatan status desa, dari Desa maju menjadi Desa Mandiri.

“silahkan pak Kades berkoordinasi dengan teman-teman PD dan PLD, cara meningkatkan status desanya”. Pintanya

Pendamping Desa (PD) Kecamatan Sungai Kakap saat memberikan materi IDM

Berdasarkan 3 indikator khusus yang telah ditetapkan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yakni Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL)

“indikator diatas sudah ditetapkan oleh kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi maka tiap desa silahkan untuk memenuhinya, sehingga akan meningkatkan status desanya” Tambah Rusdety, SH

Dari data dan informasi yang disampaikan dari Pendamping Desa maupun Pendamping Lokal Desa ada tiga klasifikasi Desa yang ada di Kecamatan Sungai Kakap yaitu :

Desa Mandiri
1. Sungai Kakap
2. Sungai Rengas
3. Pal Sembilan
4. Punggur Kecil
5. Punggur Besar
6. Jeruju Besar
Desa Maju
1. Kalimas
2. Sungai Itik
3. Sungai Kupah
4. Sungai Belidak
Desa Berkembang
1. Punggur Kapuas
2. Sepuk Laut
3. Tanjung Saleh