Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya berikan Vitamin A dan Obat Cacing

0
17
Buapti Kubu Raya saat pencanagan Bulan Vitamin A dan Obat Cacing

SUNGAI KAKAP- Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, SH dan Istri menghadiri kegiatan pencanangan Bulan Vitamin A dan Obat Cacing di Puskesmas Sungai Kakap yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Selasa (11/08/2020) pagi

Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, diposyandu atau di fasilitas kesehatan dibagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita.

Bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Adapun vitamin A, juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

Camat Sungai Kakap mendampingi Bupati Kubu Raya saat pemberian Vitamin A kepada Balita di Puskesmas Sungai Kakap

Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.15 WIB yang didampingi oleh Camat Sungai Kakap dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya dan berakhir pada pukul 10.05 WIB.

Keegiatan tersebut dirangkai dengan pemberian Vitamin A dan Obat Cacing pada balita dilanjutkan dengan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri

Camat Sungai Kakap, Rusdety, SH mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kubu Raya yang telah memberikan dukungan penuh dalam program tersebut di Kecamatan Sungai Kakap.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan juga melihat langsung pemeriksaan USG bagi Ibu Hamil oleh petugas Puskesmas Sungai Kakap dan diakhir kegiatan melakukan peninjauan pengawasan keamanan pangan dan cholinesterase petani di Puskesmas Sungai Kakap