bergerak-pada-bisnis-internet-bumdes-jeruju-besar-mampu-membuka-peluang-kerja

Bergerak pada Bisnis Internet, Bumdes Jeruju Besar Mampu Membuka Peluang Kerja

 12 Apr 2022 |  Administrator

Kubu Raya, Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan nama Bumdes Jeruju Berkah milik Pemerintah Desa Jeruju besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat diapresiasi Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, pada Rabu (1/9/2021).

Peluncuran internet desa di Aula Kantor Desa Jeruju Besar sekaligus menandatangani perjanjian kerja sama antara Bumdes dengan provider PT Borneo Cakrawala Media. Kini warga Jeruju Besar dapat menggunakan layanan internet dengan harga terjangkau. Voucher internet dipatok sebesar Rp30 ribu/voucher dan warga dapat menikmati layanan internet setiap bulannya.

Berkapasitas 150 bandwith, pemasangan jaringan internet di rumah warga dapat melayani 300 hingga 500 user pengguna internet desa. Selain itu, guna membuka lapangan kerja, pemasangan jaringan internet ini juga dilakukan  oleh para pemuda desa setempat.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan, inovasi Desa Jeruju Besar dalam meningkat Pendapatan Asli Desa (PAD) dapat dicontoh oleh desa lainnya.

Dia menyebutkan, Desa Jeruju Besar memiliki daya tarik sebagai desa wisata karena memiliki taman anggur yang dikelola oleh Pondok Pesantren Mu-inul Islam, selain internet desa, Bumdes Jeruju Besar juga mencoba berbisnis pakan ikan yang siap dipasarkan ke masyarakat.

“Desa ini berpotensi lengkap dari sisi sumber daya alam nya seperti banyaknya pohon kelapa, pinang, pisang,  ditambah lagi berinovasi sebagai desa internet, taman anggur serta memiliki usaha pakan ikan. Mudah-mudahan desa wisata disini, semakin banyak ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh Bumdesnya,” terang dia.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kubu Raya, Eddy Mudianto mengatakan, dengan pembangunan infrastruktur jaringan internet ini dapat memudahkan masyarakat desa Jeruju Besar untuk produktif dalam mencari informasi yang bermanfaat. Jaringan internet yang memadai sebut beliau juga memudahkan tata kelola pemerintah desa dalam menjalankan birokrasinya.

“Kita berpesan ke Bu Kades agar memanfaatkan internet ini, dengan internet yang positif dan inovatif. Karena dengan melihat potensi yang luar biasa di daerah Jeruju Besar ini dapat dipromosikan serta dijual melalui jaringan internet desa,” ucap dia.

Kepala Desa Jeruju Besar, Nurhalijah dalam kesempatan itu menyatakan, dengan mengubah pola Bumdes menjadi bisnis internet dapat membuka peluang lapangan kerja bagi warga desanya. Berjalannya waktu keuntungan yang diraih mencapai Rp18 juta dari pendapatan bersih.

“Kurang lebih 27 anak telah dilatih oleh tenaga ahli dari Jogja baik dari segi pemasangan alat, pengoneksian jaringan, pembangunan tower serta lainnya. Pelatihan tersebut juga memakan waktu tiga bulan lamanya,” terang dia. (irdiansyah/MC KubuRaya)

SUMBER


SIKEMA

Kirim Keluhan

Lacak Keluhan Anda!

KELUHAN TERJAWAB

AGENDA KEGIATAN


  • Event tidak tersedia.

PENGUNJUNG