pemkab-kubu-raya-meriahkan-gebyar-robo-robo-dengan-expo-kubu-raya-di-sungai-kakap

Pemkab Kubu Raya Meriahkan Gebyar Robo Robo Dengan Expo Kubu Raya di Sungai Kakap

 24 Sep 2022 |  Administrator

Perayaan Robo Robo di Kabupaten Kubu Raya setelah ditiadakan selama dua tahun karena pandemi Covid19, akhirnya pada 2022 ini kembali dihelat dengan meriah dan dibanjiri masyarakat. Gelaran tradisi yang merupakan warisan budaya dalam memaknai rasa syukur dan tolak bala kepada Sang Pencipta, kali ini dipusatkan di muara Kakap, Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap.

Pelaksanaan Robo Robo yang digelar dari tanggal 21 sampai 27 September 2022 ini sebagai event utama, dirangkai dengan pameran expo bertajuk Kakap Expo di lapangan bola Kecamatan Sungai Kakap, tepat di depan Kantor Polsek.

Antusias masyarakat menyambut gelaran Robo Robo tahun ini sangat luar biasa, terlihat dari membludaknya warga datang berduyun – duyun ke lokasi acara. Dari pantauan awak media ini, ribuan warga yang datang dari seantero penjuru Kubu Raya, baik yang datang melalui jalur sungai dan darat, tumpah ruah.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan turut hadir langsung di lokasi dan membuka pagelaran tradisi sekali setahun ini. Pertunjukan istimewa pun ditampilkan di acara pembukaan, seperti tari – tarian yang banyak mengangkat tema kerukunan lintas etnis yang heterogen di Kubu Raya serta berbagai pertunjukan lain dari kelompok – kelompok masyarakat dalam turut memeriahkan perayaan Robo Robo pasca pandemi.

Muda Mahendrawan seusai membuka secara resmi Kakap Expo di lapangan Peta Laubang, Sungai Kakap mengungkapkan kepada awak media, terkait perhelatan event tradisi sekali setahun ini merupakan sebuah hal besar, inisiasi yang luar biasa pasca pandemi. “Jadi ini adalah event yang merupakan best practice, ini praktik baik yang menginisiasi, dimana baru kali pertamaketika pekan budaya Robo Robo langsung dirangkaikan dan diperkuat event, supaya jauh lebih membumi, lebih semarak, maklum kita sudah dua tahun pandemi kemarin, kegiatan ini dilaksanakan akhirnya dengan skala yang tidak terlalu luas”, ungkap Muda Mahendrawan.

“Kali ini, langsung dari inisiatif panitia bersama – sama dengan semua elemen dan didukung oleh Polsek, Danramil dan jajaran serta seluruh komponen desa di Kecamatan Sungai Kakap, maka kita syukuri, Kakap Expo ini mulai kita buka, kita hadirkan. Dalam sepekan ini banyak sekali agendanya, baik dari lomba – lomba dan kreasi budaya, termasuk juga dengan produk – produk UMKM, karena ini sekaligus memperkuat UMKM yang ada dari Kubu Raya, sehingga ini bisa kita harapkan menjadi penggerak ekonomi yang ada di masyarakat kita”, lanjut Bupati kepada awak media.

Orang nomor satu di lingkup Kabupaten Kubu Raya ini pun menyempatkan menaiki kapal wisata mengitari sekitaran muara dalam rangka menyapa secara langsung warga masyarakat yang hadir dan banyak mempergunakan kapal yang lepas jangkar di tengah perairan muara. Selama perjalanan menyusuri muara, Bupati menyapa langsung baik dengan lambaian tangan, bahkan terkadang dengan melontarkan sapaan dengan senyum khas beliau yang tak lekang oleh cuaca panas terik di lokasi acara.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Muda Mahendrawan secara langsung melepas bendera start perlombaan perahu naga sebagai salah satu rangkaian kegiatan Pekan Robo Robo tahun 2022.

Camat Sungai Kakap, Junaidi yang turut mendampingi Bupati Kubu Raya membuka gelaran Kakap Expo menyampaiakn ajakan untuk mengunjungi event yang pertama kali digelar dalam rangkaian pekan budaya Robo Robo tahun 2022. “Alhamdulillah, hari ini kegiatan Robo Robo Kakap Expo 2022 telah dibuka oleh Bapak Bupati, kunjungi dan saksikan beramai – ramai Kakap Expo 2022 di Lapangan Peta Laubang, banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan, selain lomba, terdapat pameran produk UMKM yang dikelola oleh masyarakat Sungai Kakap. Dengan harapan, hal ini menjadi pemicu perekonomian masyarakat bergerak dan dapat membantu menumbuhkan kembali kesejahteraan warga”, papar Junaidi.

Perhelatan Kakap Expo Tahun 2022 di Sungai Kakap sebagai salah satu rangkaian utama dari gelaran tradisi budaya Robo Robo, diikuti oleh puluhan UMKM yang telah mendaftar di panitia, hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Expo, Busnah Abdullah, “Hari ini, yang sudah terdaftar ada 42 stand UMKM yang sudah mendaftar, dan kita yakin sambil berjalan dalam sepekan ke depan akan bertambah lagi yang akan masuk di Kakap Expo ini”, ujar Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kubu Raya yang didapuk memegang kendali akan pelaksanaan Kakap Expo 2022.

Busnah pun menyampaikan harapannya, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan dari Pemkab Kubu Raya dan tentunya dapat meningkatkan fasilitas pendukung. “Harapan kami ke depan, ini bisa dijadikan agenda rutin daerah dan lokasinya dapat lebih dimaksimalkan sehingga pengunjung lebih nyaman”, tuturnya. 


JUNAIDI, S.Sos
Camat Sungai Kakap

Sinergi Program

SIKEMA

Kirim Keluhan

Lacak Keluhan Anda!

KELUHAN TERJAWAB

AGENDA KEGIATAN


Media Sosial

PENGUNJUNG